Tahukah Anda Mengapa Tubuh Kita Bisa Mengalami Dehidrasi?




DEFINISI

Dehidrasi yaitu kekurangan cairan badan. Sebagian mekanisme bekerja bersama untuk menjaga keseimbangan cairan pada badan. Salah satu yang terutama yaitu mekanisme haus. Bila badan membutuhkan semakin banyak air, jadi pusat saraf di otak dirangsang hingga muncul rasa haus. Rasa haus bakal jadi tambah kuat bila keperluan badan bakal air bertambah, mendorong seorang untuk minum serta penuhi kebutuhannya bakal cairan.

Mekanisme yang lain untuk mengatur jumlah cairan pada badan melibatkan kelenjar hipofisa di basic otak. Bila badan kekurangan air, kelenjar hipofisa bakal keluarkan satu zat ke aliran darah yang dimaksud hormon antidiuretik. Hormon antidiuretik merangsang ginjal untuk menahan air sejumlah mungkin saja.

Bila badan kekurangan air, ginjal bakal menahan air yang dengan cara automatis dipindahkan dari cadangan dalam sel ke aliran darah untuk menjaga volume darah serta desakan darah, hingga cairan bisa digantikan lewat menambahkan konsumsi cairan. Bila badan keunggulan air, rasa haus ditekan serta kelenjar hipofisa cuma membuahkan sedikit hormon antidiuretik, yang sangat mungkin ginjal untuk buang keunggulan air lewat air kemih.


PENYEBAB

Dehidrasi berlangsung apabila pengeluaran cairan badan semakin besar dibanding konsumsinya. Kekurangan cairan umumnya mengakibatkan kandungan kalsium dalam darah bertambah.

Banyak hal yang bisa mengakibatkan terjadinya dehidrasi :

* Muntah
* Diare
* Pemakaian diuretik (obat yang mengakibatkan ginjal keluarkan beberapa besar air serta garam)
* Panas yang berlebihan
* Demam
* Menyusutnya konsumsi cairan lantaran beragam argumen.


Penyakit spesifik seperti diabetes melitus (kencing manis), diabetes insipidus serta penyakit Addison bisa mengakibatkan dehidrasi lantaran hilangnya cairan yang terlalu berlebih.


GEJALA

Awal mulanya, dehidrasi merangsang pusat haus di otak mengakibatkan pasien minum semakin banyak air. Apabila konsumsi cairan tidak bisa menyeimbangi pengeluarannya, dehidrasi bakal jadi lebih berat. Jumlah keringat bakal menyusut serta cuma sedikit membuahkan air kemih.

Air bakal beralih dari cadangan dalam sel ke aliran darah. Apabila dehidrasi berjalan terus-menerus, jaringan badan mulai jadi kering. Beberapa sel mulai mengkerut serta alami masalah manfaat. Beberapa sel otak adalah sel yang paling gampang terserang dehidrasi hingga salah satu dari tandanya paling utama terjadinya dehidrasi yang berat yaitu kekacauan mental yang bisa berlanjut jadi koma.

Terkecuali air, dehidrasi juga mengakibatkan hilangnya elektrolit dari badan, terlebih natrium serta kalium. Karenanya dehidrasi kerap dibarengi dengan kekurangan elektrolit. Bila berlangsung kekurangan elektrolit, air tidak bisa beralih dari cadangannya didalam sel ke darah hingga jumlah air dalam aliran darah menyusut. Desakan darah bisa alami penurunan, mengakibatkan perasaan melayang atau seolah-olah akan pingsan, terlebih bila tengah berdiri (hipotensi ortostatik).

Bila kehilangan air serta elektrolit selalu berlanjut, desakan darah dapat turun sangatlah rendah, mengakibatkan syok serta rusaknya yang berat pada beragam organ dalam seperti ; ginjal, hati, serta otak.


DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasar pada hasil kontrol fisik serta gejala-gejalanya.


PENGOBATAN

Untuk dehidrasi enteng yang dibutuhkan cuma minum air putih umum. Namun bila berlangsung kehilangan air serta elektrolit, garam juga mesti diberikan, terlebih natrium serta kalium.

Minuman yang diperjualbelikan (umpamanya Gatorade), sudah diracik sedemikian rupa untuk menukar garam (elektrolit) yang hilang sesudah lakukan latihan berat. Minuman ini dapat dapat dipakai untuk menghindar dehidrasi atau untuk menyembuhkan dehidrasi enteng. Hal ini dapat dapat diatasi dengan minum beberapa cairan serta konsumsi sedikit garam sepanjang atau sesudah latihan.

Beberapa orang yang mempunyai permasalahan jantung atau ginjal, mesti lebih dahulu lakukan konsultasi dengan dokternya tentang pergantian cairan yang aman saat sebelum lakukan latihan. Apabila desakan darah sangatlah alami penurunan hingga berlangsung syok, untuk mengatasinya umumnya diberikan larutan yang memiliki kandungan natrium klorida intravena. Awal mulanya cairan intravena diberikan dengan cepat serta lalu diperlambat searah dengan perbaikan situasi fisik pasien.

Pemicu yang mendasari dehidrasi senantiasa diatasi. Umpamanya apabila seorang menanggung derita diare, terkecuali diberikan cairan pengganti juga diberikan obat untuk menyembuhkan atau hentikan diare. Bila ginjal terlampau banyak keluarkan air lantaran berlangsung kekurangan hormon antidiuretik (seperti yang dapat berlangsung pada pasien diabetes insipidus), diberikan penyembuhan hormon antidiuretik periode panjang.

Bila pemicu dehidrasi sukses diatasi, dikerjakan pemantauan pada pasien untuk meyakinkan konsumsi cairan per-oralnya cukup untuk mempertahan hidrasi.

0 komentar "Tahukah Anda Mengapa Tubuh Kita Bisa Mengalami Dehidrasi?", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar