Apakah yang Dimaksud dengan Hiperkalsemia dan Bagaimanakah Langkah Menanganinya?



DEFINISI

Hiperkalsemia (kandungan kalsium darah yang tinggi) yaitu satu situasi di mana konsentrasi kalsium dalam darah kian lebih 10, 5 mgr/dL darah.


PENYEBAB

Hiperkalsemia bisa dikarenakan oleh meningkatnya penyerapan pada saluran pencernaan ataupun lantaran meningkatnya konsumsi kalsium. Beberapa orang yang konsumsi beberapa besar kalsium (seperti yang terkadang dikerjakan oleh pasien ulkus peptikum yang minum banyak susu serta konsumsi antasid yang memiliki kandungan kalsium), bisa menanggung derita hiperkalsemia.

Satu overdosis vitamin D bisa memengaruhi konsentrasi kalsium darah, yakni dengan tingkatkan penyerapan kalsium dari saluran pencernaan. Pemicu seringkali dari hiperkalsemia yaitu hiperparatiroidisme, yakni satu situasi di mana berlangsung pengeluaran hormon paratiroid dengan cara besar-besaran oleh satu atau kian lebih ke empat kelenjar paratiroid.

90% pasien hiperparatiroidisme primer mempunyai tumor jinak (adenoma) pada salah satu kelenjarnya. 10% bekasnya mempunyai kelenjar paratiroid yang jadi membesar serta membuahkan terlampau banyak hormon. Pada kasus-kasus yang tidak sering, kanker kelenjar paratiroid mengakibatkan hiperparatiroidisme.

Hiperparatiroidisme seringkali berlangsung pada wanita dibanding pria. Juga lebih mungkin saja berlangsung pada beberapa orang tua serta pada mereka yang terima therapy penyinaran di leher. Terkadang hiperparatiroidisme berlangsung juga sebagai sisi satu sindroma neoplasia endokrin multipel, yang disebut penyakit keturunan yang tidak sering berlangsung.

Pasien kanker kerap alami hiperkalsemia. Kanker ginjal, kanker paru atau kanker ovarium (indung telur), kerap keluarkan beberapa besar protein yang mempunyai dampak yang serupa dengan hormon paratiroid. Dampak ini di kenal juga sebagai sindroma paraneoplastik. Kanker juga menebar (bermetastasis) ke tulang, menghancurkan beberapa sel tulang serta melepas kalsium tulang ke darah. Hal semacam ini kerap berlangsung pada kanker prostat, payudara serta paru-paru.

Mieloma multipel (kanker yang melibatkan sumsum tulang) dapat juga mengakibatkan penghancuran tulang serta menyebabkan hiperkalsemia. Kanker yang lain juga tingkatkan konsentrasi kalsium darah, dengan mekanisme yang belum seutuhnya bisa dipahami.

Pada penyakit-penyakit di mana berlangsung penghancuran atau penyerapan beberapa sel tulang (umpamanya penyakit Paget), dapat juga berlangsung hiperkalsemia. Beberapa orang yang sedikit bergerak (umpamanya pasien paraplegia (lumpuh ke-2 sisi bawah badan), kuadriplegia (lumpuh ke empat anggota gerak) atau yang berbaring ditempat tidur kurun waktu lama, dapat juga menanggung derita hiperkalsemia lantaran jaringan tulang diresorbsi.



GEJALA

Tanda-tanda paling awal dari hiperkalsemia umumnya yaitu konstipasi (sembelit), kehilangan nafsu makan, mual-muntah serta nyeri perut. Ginjal mungkin saja dengan cara abnormal bakal membuahkan air kemih dalam jumlah banyak. Disebabkan pembentukkan air kemih yang terlalu berlebih ini, cairan badan bakal menyusut serta bakal berlangsung tanda-tanda dehidrasi.

Hiperkalsemia yang sangatlah berat kerap mengakibatkan tanda-tanda kelainan manfaat otak seperti kebingungan, masalah emosi, delirium (penurunan kesadaran), halusinasi, kekurangan serta koma. Bisa pula diikuti dengan irama jantung yang abnormal serta kematian. Pada pasien hiperkalsemia menahun dapat terbentuk batu ginjal yang memiliki kandungan kalsium. Apabila berlangsung hiperkalsemia berat serta menahun, kristal kalsium bakal terbentuk didalam ginjal serta mengakibatkan rusaknya yang menetap.


DIAGNOSA

Hiperkalsemia umumnya diketemukan ketika lakukan kontrol darah teratur. Pemicunya kerap tampak dari kisah pasien serta kegiatannya yang paling akhir (umpamanya minum beberapa besar susu serta konsumsi tablet antasid yang memiliki kandungan kalsium). Untuk menolong memastikan pemicunya, dikerjakan kontrol laboratorium serta rontgen.


PENGOBATAN

Penyembuhan bergantung pada tingginya kandungan kalsium darah serta pemicunya. Bila konsentrasi kalsium tak kian lebih 11, 5 mgr/dL darah, penyembuhannya cukup hanya menyingkirkan pemicunya. Beberapa orang yang mempunyai manfaat ginjal normal serta kecenderungan alami hiperkalsemia umumnya dianjurkan untuk minum banyak cairan yang bakal merangsang ginjal untuk keluarkan kalsium serta menolong menghindar dehidrasi.

Apabila konsentrasi kalsium sangatlah tinggi (kian lebih 15 mgr/dL darah) atau apabila muncul tanda-tanda kelainan manfaat otak, diberikan cairan intravena seandainya ginjalnya berperan dengan baik. Obat-obat diuretik seperti furosemid, tingkatkan pembuangan kalsium lewat ginjal serta adalah therapy yang paling utama.

Dialisa yaitu therapy yang sangatlah efisien, aman serta bisa dihandalkan, serta umumnya dikerjakan pada pasien hiperkalsemia berat yang tidak bisa diobati lewat cara yang lain. Hiperparatiroidisme umumnya diatasi dengan pembedahan untuk mengangkat satu atau lebih kelenjar paratiroid. Agar akhirnya baik, seluruhnya jaringan paratiroid yang membuahkan hormon dalam jumlah yang sangatlah besar mesti diangkat
Angka kesuksesan operasi ini mendekati 90%.

Sebagian obat yang lain bisa dipakai untuk menyembuhkan hiperkalsemi apabila cara lain tidak berhasil dikerjakan :
- plicamycin
- galium nitrate
- calsitonin
- biphosphonates
- corticosteroid.

Obat-obat itu terlebih bekerja dengan memperlambat perpindahan kalsium dari tulang. Hiperkalsemia yang dikarenakan oleh kanker susah untuk diobati. Bila kankernya tidak bisa dikendalikan, umumnya hiperkalsemia bakal kambuh kembali walau sudah dikerjakan penyembuhan yang paling baik.

0 komentar "Apakah yang Dimaksud dengan Hiperkalsemia dan Bagaimanakah Langkah Menanganinya?", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar