Inilah Fungsi Penting dari Vitamin dan Mineral



DEFINISI

Vitamin serta mineral yaitu sisi yang utama dari makanan sehat. Apabila seorang konsumsi beragam variasi makanan, jadi kemungkinan untuk alami kekurangan vitamin serta mineral yaitu sangatlah kecil. Beberapa orang yang melakukan diet ketat mungkin saja tak memperoleh cukup vitamin atau mineral spesifik. Misalnya seseorang vegetarian yang sangatlah ketat dapat alami kekurangan vitamin B12, yang cuma dapat didapat dari makanan yang datang dari hewan. Demikian sebaliknya, konsumsi beberapa besar vitamin serta mineral penambahan tanpa ada pengawasan medis, bisa menyebabkan dampak yang beresiko.


VITAMIN

Vitamin yaitu mikronutrisi yang utama serta diperlukan oleh badan dalam jumlah sedikit. Vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E serta K, sedang vitamin yang larut di air yaitu vitamin B serta vitamin C.

Vitamin B terbagi dalam :
- Vitamin B1 (tiamin)
- Vitamin B2 (riboflavin)
- Vitamin B6 (piridoksin)
- Asam pantotenat
- Niasin
- Biotin
- Asam folat
- Vitamin B12 (kobalamin).

Keperluan harian yang disarankan (jumlah rata-rata yang dibutuhkan sehari-harinya untuk terus sehat), sudah diputuskan untuk semasing vitamin. Seorang yang terlampau banyak atau terlampau sedikit konsumsi vitamin spesifik dapat alami kelainan gizi.

Bila diminum kian lebih 10 kali dari dosis yang disarankan sehari-harinya, vitamin A serta D berbentuk toksin, namun vitamin E serta K (filokuinon) tak. Niasin, vitamin B6 serta vitamin C bila diminum dalam dosis tinggi bakal berbentuk toksin, namun tak sekian perihal dengan vitamin yang lain yang larut di air.

Cuma 2 jenis vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A serta E) yang disimpan pada badan hingga jumlah besar. Vitamin D serta K disimpan dalam jumlah kecil. Bergantung pada keperluan, vitamin C disimpan dalam jumlah yang paling sedikit. Vitamin B12 disimpan dalam jumlah yang terbesar serta diperlukan saat seputar 7 th. untuk menggunakan persediaan 2-3 mgr vitamin ini.


MINERAL

Sebagian mineral (natrium, klorida, kalium, kalsium, fosfat serta magnesium), dimasukkan kedalam kelompok makronutrisi lantaran beberapa zat itu diperlukan oleh badan dalam jumlah relatif besar serta dimaksud makromineral.

Mineral yang lain adalah mikronutrisi, lantaran diperlukan oleh badan dalam jumlah kecil serta dimaksud mikromineral. Yang termasuk juga ke mikromineral yaitu zat besi, seng, tembaga, mangan, molibdenum, selenium, yodium serta fluorida. Kekurangan mineral, terkecuali zat besi serta yodium, tidak sering berlangsung. Keunggulan sebagian mineral dapat mengakibatkan keracunan.

0 komentar "Inilah Fungsi Penting dari Vitamin dan Mineral", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar