Pengertian, Macam, Fungsi, dan Serba-Serbi Mengenai Gizi




DEFINISI

Pengetahuan Gizi pelajari sistem makan, penyerapan serta pemakaian beberapa zat gizi yang diperlukan oleh badan untuk perkembangan, perubahan serta pemeliharaan kehidupan. Zat gizi yaitu beberapa bahan kimia pada makanan yang berikan makan pada badan. Beragam zat gizi bisa di buat di pada badan. Zat gizi yang tidak bisa di buat pada badan, yang dimaksud zat gizi esensial, mesti dikonsumsi pada makanan.

Zat gizi esensial itu yaitu :

Asam amino (dalam protein)
Asam lemak spesifik (dalam lemak serta minyak)
Mineral serta vitamin.

9 dari 20 asam amino dalam protein yaitu zat gizi esensial. Bila zat gizi esensial tak ada dalam jumlah yang cukup, dapat berlangsung penyakit kekurangan zat gizi.

Untuk memastikan apakah seorang memperoleh zat gizi yang cukup, dibutuhkan :
- info tentang rutinitas makan
- kontrol fisik untuk menilainya komposisi (jumlah lemak serta otot) serta manfaat dari badan
- kontrol laboratorium yang lain untuk mengukur kandungan zat gizi dalam darah serta jaringan.

Dengan cara garis besar zat gizi terdiri atas 2 type yakni makronutrisi serta mikronutrisi. Makronutrisi, yang terbagi dalam protein, lemak, karbohidrat serta sebagian mineral, diperlukan badan keseharian dalam jumlah yang besar. Makronutrisi adalah sisi paling besar dari makanan serta sediakan daya yang dibutuhkan untuk perkembangan, pemeliharaan serta aktivitas badan. Mikronutrisi dibutuhkan dalam jumlah kecil (miligram hingga mikrogram). Yang termasuk juga ke mikronutrisi yaitu vitamin serta mineral spesifik yang mengakibatkan pergantian kimia dalam pemakaian makronutrisi.

Komponen makanan yang lain yang bermanfaat, tak diolah atau dimetabolisme. Yang termasuk juga ke komponen ini yaitu sebagian serat (selulosa, pektin) serta getah.

Disarankan untuk konsumsi serat minimum 20 gr/hari untuk :
- membuat lancar manfaat pencernaan
- kurangi pergantian gula darah serta cholesterol sesudah makan
- tingkatkan pengeluaran beberapa bahan pemicu kanker yang dihasilkan oleh bakteri dalam usus besar.



MAKRONUTRISI

Makronutrisi organik

Makronutrisi organik yaitu karbohidrat, lemak serta protein, yang disebut 90% berat kering dari makanan serta 100% dayanya.

Makronutrisi diolah didalam usus serta dipecah jadi bentuk basic, yakni :
- gula dari karbohidrat
- asam lemak serta gliserol dari lemak
- asam amino dari protein.

Daya terbagi dalam :
- 4 kalori dalam 1 gr protein atau karbohidrat
- 9 kalori dalam 1 gr lemak.

Keperluan daya beragam dari mulai 1000-4000 kalori/hari bergantung pada usia, type kelamin serta aktivitas fisik :

Wanita yg tidak melakukan aktivitas, anak-anak kecil serta dewasa tua memerlukan seputar 1600 kalori/hari
Anak-anak yang lebih tua, wanita aktif serta laki-laki yg tidak melakukan aktivitas memerlukan seputar 2000 kalori/hari
Remaja laki-laki yang aktif serta laki-laki dewasa muda memerlukan seputar 2400 kalori/hari.

Adapun komposisi dari kalori yaitu seperti berikut :
- 55% datang dari karbohidrat
- 30% datang dari lemak
- 15% datang dari protein.

Apabila konsumsi daya tak sesuai sama keperluan badan, bakal berlangsung penurunan berat tubuh. Cadangan lemak pada badan bakal digunakan untuk penuhi keperluan daya yang dibutuhkan. Dalam situasi yang lebih kronis, badan bakal memakai protein juga sebagai sumber dayanya.


Asam Lemak Esensial

Seputar 7% lemak yang dikonsumsi pada makanan, adalah asam lemak esensial (3% dari keseluruhan kalori atau seputar 8 gr), serta termasuk juga dalam makronutrisi.

Asam lemak esensial terbagi dalam :
- asam linoleat
- asam linolenat
- asam arakidonat
- asam eikosapentanoat
- asam dokosaheksanoat.

Asam linoleat serta asam linolenat ada dalam minyak sayur. Asam eikosapentanoat serta asam dokosaheksanoat, yang sangatlah utama untuk perubahan otak, ada dalam minyak ikan. Di pada badan, asam arakidonat bisa dibuat dari asam linoleat ; asam eikosapentanoat serta asam dokosaheksanoat bisa dibuat dari asam linolenat.


Makromineral

Yang termasuk juga ke makromineral yaitu :
- Kalsium
- Fosfat
- Natrium
- Klorida
- Kalium
- Magnesium.

Mereka termasuk juga ke makronutrisi lantaran diperlukan oleh badan dalam jumlah yang besar (seputar 1-2 gr/hari). Air juga termasuk juga ke makronutrisi, lantaran diperlukan 1 mililiter/kalori/hari untuk tiap-tiap daya yang dipakai (2 liter/hari).


MIKRONUTRISI

Vitamin serta mineral spesifik termasuk juga ke mikronutrisi.

Vitamin terbagi dalam 2 kelompok, yakni :
- Vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, K)
- Vitamin yang larut di air (vitamin C serta 8 jenis vitamin B kompleks).


Mineral Esensial
Yang termasuk juga ke mineral esensial yaitu besi, seng, mangan, molibdenum, tembaga, selenium, yodida, serta fluorida. Terkecuali fluorida, seluruhnya type mineral itu berperan mengaktivasi enzim yang diperlukan untuk metabolisme. Unsur fluorida serta kalsium membuat satu persenyawaan yang menolong menstabilkan mineral dalam tulang serta gigi, serta menghindar rusaknya pada gigi.

Mineral yang lain, seperti arsen, krom, kobalt, nikel, silikon serta vanadium, yang mungkin saja sangatlah dibutuhkan oleh hewan, tak diperlukan oleh manusia. Semua mineral ini beracun apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak, serta sebagian mineral (arsen, nikel, krom) sudah diidentifikasi juga sebagai pemicu kanker. Terkecuali fluorida, seluruhnya type mineral itu berperan mengaktivasi enzim yang diperlukan untuk metabolisme.

Unsur fluorida serta kalsium membuat satu persenyawaan yang menolong menstabilkan mineral dalam tulang serta gigi, serta menghindar rusaknya pada gigi. Mineral yang lain, seperti arsen, krom, kobalt, nikel, silikon serta vanadium, yang mungkin saja sangatlah dibutuhkan oleh hewan, tak diperlukan oleh manusia. Semua mineral ini beracun apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak, serta sebagian mineral (arsen, nikel, krom) sudah diidentifikasi juga sebagai pemicu kanker.



KEBUTUHAN GIZI

Maksud dari makanan yang pas yaitu untuk meraih serta menjaga komposisi badan serta kemampuan fisik serta mental yang baik. Keperluan zat gizi esensial keseharian bergantung pada usia, type kelamin, berat tubuh, tinggi tubuh dan kesibukan fisik serta metabolisme.

Departemen Pertanian AS sudah ajukan 4 grup makanan pokok, yakni :
- susu serta product olahannya
- daging serta sayuran kaya protein
- gandum serta roti
- buah-buahan serta sayur-sayuran, juga sebagai tips makanan seimbang.

Tips ini ditujukan untuk menolong orang-orang pilih makanan yang memiliki kandungan zat gizi esensial serta yang mempunyai kemungkinan rendah pada terjadinya penyakit spesifik, seperti kanker, desakan darah tinggi, penyakit jantung koroner serta stroke. Dalam tips ini jumlah yang perlu disiapkan sehari-harinya, untuk setiap type makanan, berlainan. Hal semacam ini bergantung dari daya yang diperlukan, beragam dari mulai 1600- 2400kalori/hari. Biasanya, mengkonsumsi lemak di turunkan hingga 30% dari kalori serta mengkonsumsi dari buah, sayuran dan gandum, mesti ditingkatkan.

0 komentar "Pengertian, Macam, Fungsi, dan Serba-Serbi Mengenai Gizi", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar