Apakah yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Vitamin D?

Ditulis oleh: -


DEFINISI

Vitamin K yaitu nama generik untuk sebagian bahan yang dibutuhkan dalam pembekuan darah yang normal. Bentuk dasarnya yaitu vitamin K1 (filokuinon), yang ada dalam tumbuh-tumbuhan, terlebih sayuran berdaun hijau.
Bakteri dalam usus kecil samping bawah serta bakteri dalam usus besar membuahkan vitamin K2 (menakuinon), yang bisa diserap dalam jumlah yang terbatas.

Penyakit perdarahan pada bayi baru lahir ditandai dengan kecenderungan alami perdarahan, adalah bentuk basic dari kekurangan vitamin K.

Hal semacam ini berlangsung lantaran :
- Plasenta tak mengantarkan lemak serta vitamin K dengan baik
- Manfaat hati dari bayi baru lahir masih tetap belum masak untuk membuahkan aspek-faktor pembekuan darah yang cukup (aspek pembekuan yaitu protein dalam darah yang mempermudah pembekuan serta membutuhkan vitamin K)
- Usus tak mempunyai bakteri yang membuahkan vitamin K sepanjang hari-hari pertama bayi
- ASI cuma sedikit memiliki kandungan vitamin K.

Satu suntikan vitamin K semestinya diberikan pada bayi baru lahir membuat perlindungan bayi dari penyakit ini. Bayi yang memperoleh ASI, yang belum memperoleh suntikan vitamin K ketika lahir, sangatlah rawan pada kekurangan vitamin K.

Lantaran vitamin K larut dalam lemak, penyakit-penyakit yang terkait dengan penyerapan lemak, dapat mengakibatkan kekurangan vitamin K pada anak-anak serta dewasa :
- Penyakit seliak
- Fibrostik kistik.

Konsumsi minyak mineral dalam jumlah yang terlalu berlebih dapat juga menghindar penyerapan vitamin K. Kekurangan vitamin K juga berlangsung pada beberapa orang yang konsumsi obat antikoagulan untuk menghindar terbentuknya bekuan darah. Tanda-tanda intinya yaitu perdarahan (ke kulit, dari hidung, dari suatu luka atau dalam lambung), yang dibarengi dengan muntah. Darah bisa tampak pada air kemih atau tinja. Yang paling serius yaitu perdarahan ke otak yang dapat berlangsung pada bayi baru lahir.

Apabila dicurigai ada kekurangan vitamin K, dikerjakan kontrol darah untuk mengukur kandungan protrombin, salah satu aspek pembekuan darah yang membutuhkan vitamin K. Kandungan yang rendah (kurang dari 50% dari normal) tunjukkan ada kekurangan vitamin K. Namun kandungan protrombin yang rendah dapat juga dikarenakan oleh obat antikoagulan atau rusaknya hati.

Umumnya diagnosis bakal makin kuat bila sesudah penyuntikkan vitamin K, ada penambahan kandungan protrombin dalam sebagian jam serta perdarahan berhenti dalam 3-6 jam. Bila pasien mempunyai penyakit hati yang berat, hati tak dapat mensintesa aspek pembekuan meskipun sudah disuntikkan vitamin K. Pada masalah seperti ini dibutuhkan tranfusi plasma untuk melengkapi aspek-faktor pembekuan.

0 komentar "Apakah yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Vitamin D?", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar