Apa Itu Body Mass Index (BMI)?

Ditulis oleh: -



DEFINISI
Body Mass Index (BMI) adalah satu pengukuran yang memperlihatkan interaksi pada berat tubuh serta tinggi tubuh. BMI adalah satu rumus matematika di mana berat tubuh seorang (dalam kg) dibagi dengan tinggi tubuh (dalam cm). BMI lebih terkait dengan lemak badan dibanding dengan indikator yang lain untuk tinggi tubuh serta berat tubuh.

Seorang dengan BMI 25-29, 9 disebutkan alami keunggulan berat tubuh (overweight), sedang seorang dengan BMI 30 atau lebih disebutkan alami obesitas.

BMI dapat memperkirakan lemak badan, namun tidak bisa disimpulkan juga sebagai persentase yang pasti dari lemak badan. Jalinan pada lemak serta BMI di pengaruhi oleh umur serta type kelamin. Wanita lebih mungkin saja mempunyai persentase lemak badan yang lebih tinggi dibanding pria dengan nilai BMI yang sama. Pada BMI yang sama, orang yang lebih tua mempunyai semakin banyak lemak badan dibanding orang yang lebih muda.

BMI yang sehat untuk dewasa yaitu 18, 5-24, 9. BMI yang tinggi adalah satu ramalan kematian lantaran penyakit jantung serta pembuluh darah. Diabetes, kanker, desakan darah tinggi serta osteoartritis juga adalah akibatnya karena overweight serta obesitas yang kerap diketemukan pada dewasa. Obesitas sendiri adalah aspek kemungkinan yang kuat dari kematian awal.

Interpretasi nilai BMI untuk dewasa, tanpa ada memerhatikan usia ataupun type kelamin :

* Underweight (berat tubuh kurang) : BMI di bawah 18, 5
* Overweight (keunggulan berat tubuh) : BMI 25-29. 9
* Obesitas : BMI 30 atau lebih.

Rumus BMI
BMI = Berat tubuh (kg) : Tinggi tubuh (m)
atau
BMI = Berat tubuh (kg) : Tinggi tubuh (cm) : Tinggi tubuh (cm) x 10. 000

Misal ; seorang dengan berat tubuh 95, 3 kg serta tinggi 182, 9 cm mempunyai BMI = 95, 3 : 182, 9 : 182, 9 x 10. 000 = 28, 5


BMI berdasar pada umur.
Searah dengan pertumbuhannya, jadi lemak badan anak-anak beralih dari th. ke th.. Interpretasi BMI bergantung pada umur anak, diluar itu lemak badan anak wanita serta anak laki-laki tidak sama. Karenanya untuk anak-anak ada 2 grafik yang tidak sama untuk wanita serta laki-laki.

Tiap-tiap grafik dari CDC untuk BMI berdasar pada usia terbagi dalam rangkaian garis lengkung yang tunjukkan persentil spesifik. BMI alami penurunan sepanjang masa pra-sekolah, lantas bertambah pada saat dewasa.

0 komentar "Apa Itu Body Mass Index (BMI)?", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar