Inilah yang Terjadi Jika Tubuh Anda Kekurangan atau Kelebihan Vitamin A (Retinol)

Ditulis oleh: -



DEFINISI

Vitamin A (retinol) terlebih ada pada minyak ikan, hati, kuning telur, mentega serta cream. Sayuran berdaun hijau serta sayuran berwarna kuning memiliki kandungan karoten (umpamanya beta-karotin), yang dengan cara perlahan-lahan bakal dirubah oleh badan jadi vitamin A.

Beberapa besar vitamin A disimpan di hati. Salah satu bentuk dari vitamin A (retinal) adalah komponen dari fotoreseptor (beberapa sel saraf yang sensitif pada sinar) dalam retina mata. Bentuk lain dari vitamin A (asam retinoat) bertindak dalam melindungi kesehatan kulit, susunan paru-paru, usus serta saluran kemih. Obat-obatan yang terkait dengan vitamin A (retinoid), dipakai untuk menyembuhkan jerawat yang kronis serta masih juga dalam riset untuk menyembuhkan type kanker spesifik.


KEKURANGAN VITAMIN A



Kekurangan vitamin A banyak diketemukan di banyak daerah seperti Asia Tenggara, di mana padi yang digiling jadi beras (yang memiliki kandungan sedikit vitamin A) adalah makanan pokok. Sebagian penyakit yang memengaruhi kekuatan usus dalam menyerap lemak serta vitamin yang larut dalam lemak, tingkatkan kemungkinan terjadinya kekurangan vitamin A.

Penyakit itu yaitu :
- Penyakit Seliak
- Fibrosa kistik
- Penyumbatan saluran empedu.

Pembedahan pada usus atau pankreas akan memberi dampak yang sama. Tanda-tanda pertama dari kekurangan vitamin A umumnya yaitu rabun senja. Lalu bakal muncul ingindapan berbusa (bintik Bitot) dalam sisi putih mata (sklera) serta kornea dapat mengeras serta membuat jaringan parut (xeroftalmia), yang dapat mengakibatkan kebutaan yang menetap.

Malnutrisi pada saat kanak-kanan (marasmus serta kwashiorkor), kerap dibarengi dengan xeroftalmia ; bukanlah lantaran kurangnya vitamin A pada makanan, namun juga lantaran kekurangan kalori serta protein menghalangi pengangkutan vitamin A. Kulit serta susunan paru-paru, usus serta saluran kemih dapat mengeras.

Kekurangan vitamin A juga mengakibatkan peradangan kulit (dermatitis) serta tingkatkan kemungkinan terserang infeksi. Sebagian pasien alami anemia. Pada kekurangan vitamin A, kandungan vitamin A dalam darah alami penurunan hingga kurang dari 15 mikrogram/100 mL (kandungan normal 20-50 mikrogram/100 mL).

Kekurangan vitamin A diobati dengan pemberian vitamin A penambahan sejumlah 20 kali dosis harian yang disarankan sepanjang 3 hari. Lantas diikuti dengan pemberian sejumlah 3 kali dosis harian yang disarankan sepanjang 1 bln.. Kemudian diinginkan seluruhnya tanda-tanda telah hilang. Pasien yang gejala-gejalanya tak hilang dalam 2 bln. sesudah penyembuhan, mesti selekasnya dievaluasi untuk tahu kemungkinan ada malnutrisi.


KELEBIHAN VITAMIN A

Keunggulan vitamin A bisa mengakibatkan keracunanan, baik itu berlangsung pada satu kali pemberian (keracunan akut) maupun dalam periode waktu lama (keracunan kritis).

Keracunan Akut
Penjelajah Kutub Utara alami ngantuk, gampang tersinggung, sakit kepala serta muntah dalam sebagian jam sesudah mengonsumsi hati beruang kutub atau hati anjing laut, yang banyak terkandung vitamin A. Tablet yang memiliki kandungan vitamin A sejumlah 20 kali dosis harian yang disarankan, yang dipakai untuk pencegahan serta memudahkan penyakit kulit, terkadang mengakibatkan tanda-tanda sama, bahkan juga bila diminum sesuai sama panduan.

Keracunan Kronis
Keracunan kritis pada anak-anak yang semakin besar serta dewasa umumnya adalah disebabkan konsumsi vitamin A dosis besar (10 kali dosis harian yang disarankan) sepanjang berbulan-bulan. Keracunan vitamin A bisa berlangsung pada bayi dalam sebagian minggu.

Tanda-tanda awal dari keracunan kritis yaitu :
- rambut yang tidak sering serta kasar
- kerontokan pada beberapa bulu mata
- bibir yang pecah-pecah
- kulit yang kering serta kasar.

Sakit kepala hebat, penambahan desakan dalam otak serta kekurangan umum berlangsung lalu. Perkembangan tulang serta nyeri sendi kerap berlangsung, terlebih pada anak-anak. Hati serta limfa bisa jadi membesar. Bayi yang lahir dari ibu yang konsumsi isotretinoin (vitamin A buatan yang dipakai untuk menyembuhkan kelainan kulit) sepanjang kehamilan dapat mempunyai cacat lahir.

Diagnosis keracunan vitamin A ditegakkan berdasar pada tanda-tanda serta tingginya kandungan vitamin A dalam darah. Tanda-tanda bakal menghilang dalam 4 minggu sesudah penghentikan penggunaan vitamin A penambahan. Beta-karoten ada dalam sayuran seperti wortel, dirubah dengan cara perlahan-lahan oleh badan jadi vitamin A serta bisa dikonsumsi dalam jumlah besar tanpa ada mengakibatkan keracunan. Meskipun kulit bakal beralih jadi kuning tua (karotenosis), terlebih kulit di telapak tangan serta telapak kaki, namun tak menyebabkan dampak samping yang lain.

0 komentar "Inilah yang Terjadi Jika Tubuh Anda Kekurangan atau Kelebihan Vitamin A (Retinol)", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar