Apakah yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Ataupun Kelebihan Vitamin D?

Ditulis oleh: -


DEFINISI

Vitamin D mempunyai 2 bentuk :

Vitamin D2 (ergokalsiferol) diketemukan dalam ragi
Vitamin D3 (kolekalsiferol) yang ada dalam minyak hati ikan serta kuning telur. Vitamin D3 juga dihasilkan dalam kulit saat kulit terpapar cahaya ultra violet (cahaya matahari).

Susu dapat diperkaya oleh beragam bentuk vitamin D. Didalam hati, vitamin D dirubah ke bentuk hingga dapat diangkut oleh darah. Didalam ginjal, bentuk ini setelah itu dirubah untuk membuahkan hormon vitamin D, yang manfaat intinya yaitu tingkatkan penyerapan kalsium dari usus serta memudahkan pembentukan tulang normal.

Pada kekurangan vitamin D, kandungan kalsium serta fosfat dalam darah alami penurunan, mengakibatkan penyakit tulang lantaran tak terdapatnya kalsium serta fosfat yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang. Situasi ini dimaksud rakitis (pada anak-anak) serta osteomalacia (pada dewasa).


KEKURANGAN VITAMIN D

Kekurangan vitamin D ini bisa dikarenakan oleh pemaparan cahaya matahari yg tidak memenuhi ataupun oleh sekurang-kurangnya vitamin D pada makanan. Kekurangan vitamin D sepanjang kehamilan bisa mengakibatkan osteomalacia pada ibu hamil serta rakitis pada bayi yang bakal dilahirkannya. Lantaran ASI tak memiliki kandungan vitamin D dalam jumlah yang besar, bayi yang memperoleh ASI dapat menanggung derita rakitis, bahkan juga walau tinggal di daerah tropis bila bayi tak memperoleh cahaya matahari yang cukup.

Kekurangan vitamin D dapat berlangsung pada orang yang lebih tua lantaran kulit mereka membuahkan sedikit vitamin D waktu terpapar cahaya matahari. Sebagian bentuk rakitisyang tidak sering, adalah disebabkan ada masalah metabolisme vitamin D serta penyakit ini di turunkan.

Kejang otot (tetani) yang dikarenakan oleh rendahnya kandungan kalsium dapat adalah tandanya awal terjadinya rakitis pada bayi. Bayi yang semakin besar mungkin saja bakal terlambat untuk belajar duduk serta merangkak, serta penutupan ubun-ubun (fontanel) alami penundaan.

Anak-anak umur 1-4 th. dapat mempunyai kelainan lengkung tulang belakang, kaki O (bengkok ke), kaki X (bengkok ke luar) serta terlambat jalan. Anak-anak yang lebih tua atau remaja, bakal rasakan nyeri apabila jalan. Tulang panggul yang mendatar pada remaja putri mengakibatkan jalan lahir jadi sempit. Pada orang dewasa kehilangan kalsium dari tulang, terlebih tulang belakang, panggul serta tungkai, mengakibatkan kekurangan serta dapat menyebabkan terjadinya patah tulang.

Diagnosis rakitis atau osteomalasia berdasar pada pada :
- gejala-gejalanya
- deskripsi tulang pada photo rontgen
- rendahnya kandungan kalsium, fosfat serta vitamin D dalam darah.

Rakitis serta osteomalasia bisa diobati dengan pemberian vitamin D per-oral (ditelan) sejumlah 5 kali dosis harian yang disarankan, sepanjang 2-3 minggu. Bentuk-bentuk rakitis spesifik yang di turunkan, umumnya bakal lebih baik apabila diobati dengan hormon vitamin D.


KELEBIHAN VITAMIN D

Konsumsi vitamin D sejumlah 10 kali dosis harian yang disarankan sepanjang sebagian bln., dapat mengakibatkan keracunan, yang menyebabkan tingginya kandungan kalsium dalam darah. Tanda-tanda pertama dari keracunan vitamin D yaitu hilangnya nafsu makan, mual serta muntah, yang diikuti rasa haus yang mengagumkan, meningkatnya frekwensi berkemih, kekurangan, gelisah serta desakan darah tinggi.

Kalsium dapat diendapkan di semua badan, terlebih di ginjal, di mana dapat mengakibatkan rusaknya menetap. Manfaat ginjal bakal terganggu, mengakibatkan protein dibuang di air kemih serta kandungan urea dalam darah bertambah. Penyembuhan terbagi dalam hentikan penggunaan vitamin D penambahan serta ikuti diet rendah kalsium untuk kurangi dampak dari tingginya kandungan kalsium dalam darah.

Kortikosteroid bisa diberikan untuk kurangi kemungkinan terjadinya rusaknya jaringan. Amonium klorida diberikan untuk melindungi keasaman air kemih, hingga kurangi kemungkinan terbentuknya batu kalsium.

0 komentar "Apakah yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Ataupun Kelebihan Vitamin D?", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar